Pengaruh Profesionalisme dan Disiplin Kerja Terhadap Mutu Pendidikan di SD TPI Gedangan
DOI:
https://doi.org/10.59639/asik.v1i1.15Keywords:
Profesionalisme, Disiplin Kerja, Mutu PendidikanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profesionalisme dan disiplin kerja terhadap mutu pendidikan di SD TPI Gedangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 40 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel jenuh sehingga didapat jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel profesionalisme terhadap mutu pendidikan di SD TPI Gedangan nilai thitung> ttabel, yaitu 6.144 > 2.014, nilai signifikansi = 0.000 yaitu berada di bawah 0.05. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel disiplin kerja terhadap mutu pendidikan di SD TPI Gedangan dengan nilai thitung> ttabel, yaitu 3.962 > 2.014, nilai signifikansi = 0.000 yaitu berada di bawah 0.05. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel profesionalisme dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap mutu pendidikan di SD TPI Gedangan dengan nilai Fhitung > nilai Ftabel yaitu 16.128 > 3.25, nilai probabilitas (signifikansi) = 0.000 yaitu berada di bawah 0.05
References
Baro’ah, S. (2020). Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1063–1073.
Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150–159. https://doi.org/10.17509/jap.v25i1.11581
Hapizoh, H., Harapan, E., & Destiniar, D. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 168. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3764
Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Sinar Manajemen, 6(1), 58–67. https://jurnal.unismuhpalu.ac.id/index.php/JSM/article/view/551
Ramdhan, M. (2021a). Metode penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Ramdhan, M. (2021b). The Effect of Motivation and Discipline on Employee Performance at PT . Keb Hana Bank Serpong Branch Office. Jurnal Administrare: Jurnal Pemikiran Ilmiah Dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(1), 263–274.
Setiawan, A. (2013). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Terhadap Kinerjakaryawan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Kanjuruhan Malang. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 1(4).
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.
Syaodih Sukmadinata, N. (2007). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 169–170.
Zubaidah, S. (2015). Pengaruh budaya sekolah dan motivasi kerja guru terhadap mutu pendidikan di SMK N 1 Pabelan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” November, 177–184. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pip/article/view/7688
Zuriah, N. (2006). Metodologi penelitian sosial dan pendidikan teori aplikasi. Bumi Aksara