Analisis Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Penjualan pada Industri Fashion Muslim (Studi Kasus pada FOUR-S Moslem)
DOI:
https://doi.org/10.59639/asik.v1i1.18Keywords:
Strategi Bisnis, Fashion MuslimAbstract
Pasar dan industri ekonomi kreatif merupakan salah satu potensi terbesar bagi Indonesia. Faktor sumber daya alam yang berlimpah dan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia (3,43% dari total penduduk dunia) turut menambah daya tawar Indonesia selaku negara yang memiliki peluang pasar ekonomi kreatif. Adanya pandemi Covid-19 sejak awal Desember 2020 yang berdampak pada perekonomian dunia, tentu sangat mempengaruhi kegiatan usaha termasuk busana muslim. Penelitian ini adalah deskriptif, dengan judul “Analisis Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Penjualan pada Industri Fashion Muslim (Studi Kasus pada FOUR-S Moslem) UKM kreatif di Kawasan Jakarta Selatan. Hasil analisis dari strategi bisnis yang sebaiknya diterapkan FOUR-S Moslem adalah strategi pengembangan produk dan penetrasi pasar dan pemulihan sektor non-essential atau produk fashion dapat dikolaborasikan dengan penggunaan ICT
References
Antares, R. (2020). Enam Jurus Bisnis UMKM Hadapi Covid-19. TAGAR.https://www.tagar.id/enam-jurus-bisnis-umkm-hadapi-covid19
Consulting, D. E. & F. (2020). Advice is judged by results, not intentions. Dcode economic & Financial Consulting. https://dcodeefc.com/
David, Fred R. (2017). Strategic Management Manajemen Strategi Konsep Edisi 12. Jakarta. Salemba
Fauziah, N. (2021). Indonesia dinilai punya potensi jadi pusat fashion muslim dunia.
Retrieved October, 24 2021, from https://www.okezone.com/tren/read/2021/07/12/620/2439173/indonesia-dinilai-punya-potensi-jadi-pusat-fashion-muslim-dunia
Febrinastri, F. (2021). Akibat covid-19 penjualan fesyen Indonesia Turun 70%, ini upaya kemnaker. Retrieved October, 24 2021, from https://www.suara.com/bisnis/2021/03/18/202849/akibat-covid-19-penjualan-fesyen-indonesia-turun-70-ini-upaya-kemnaker
KEMENPAREKRAF. (2021). Sub-sectors industry ekonomi kreatif. Retrieved October, 24 2021, From https://www.kemenparekraf.go.id/asset_admin/assets/uploads/media/pdf/media_1589839632_OPUS_-_Creative_Economy_Outlook_2019_(English_Version).pdf
Komalasari, T. Dwitiani (2020). Dampak pandemic covid-19, penjualan busana muslim turun hingga 90 persen. Retrieved October, 24 2021,from https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01378922/dampak-pandemi-covid-19-penjualan-busana-muslim-turun-hingga-90-persen
Myers, J., 2006. Future value systems: next generation economic growth engines & manufacturing. In: Pro- ceedings of the IMS vision forum 2006, 12–13 April. Seoul: Cheong-Moon-Gak Publishers
Rizki, (2021) in Investor.id, Halal trade forum: Produk halal dan busana muslim jadi unggulan Indonesia. Retrieved Febuary, 10 2022, from https://investor.id/business/268146/halal-trade-forumnbspproduk-halal-dan-busana-muslim-jadi-unggulan-indonesia
Statista. (2021). Most popular social networks worldwide as of October 2021, ranked by number of active users. Retrieved November, 1 2021, From https://www.statista.com/statistics/272014/global-social-networks-ranked-by-number-of-users/
Pambudi, A., A., (2021) Startegi diplomasi ekonomi Indonesia dalam menghadapi pandemic covid-19., Jurnal dinamika global
Streimikiene, D., Kacerauskas, T. (2020). The creative economy and sustainable development: The Baltic states. Wiley
Tumpal, Daniel H., Wirdania, I. (2020) You are what you wear: examining the multidimensionality of religiosity and its influence on attitudes and intention to buy muslim fashion cloting, Journal of fashion marketing and management
Downloads
Published
Versions
- 2023-05-22 (2)
- 2023-02-10 (1)