Analisis Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Penjualan pada Industri Fashion Muslim (Studi Kasus pada FOUR-S Moslem)

Authors

  • Andry Roesliana Putra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.59639/asik.v1i1.18

Keywords:

Strategi Bisnis, Fashion Muslim

Abstract

Pasar dan industri ekonomi kreatif merupakan salah satu potensi terbesar bagi Indonesia. Faktor sumber daya alam yang berlimpah dan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia (3,43% dari total penduduk dunia) turut menambah daya tawar Indonesia selaku negara yang memiliki peluang pasar ekonomi kreatif. Adanya pandemi Covid-19 sejak awal Desember 2020 yang berdampak pada perekonomian dunia, tentu sangat mempengaruhi kegiatan usaha termasuk busana muslim. Penelitian ini adalah deskriptif, dengan judul “Analisis Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Penjualan pada Industri Fashion Muslim (Studi Kasus pada FOUR-S Moslem) UKM kreatif di Kawasan Jakarta Selatan. Hasil analisis dari strategi bisnis yang sebaiknya diterapkan FOUR-S Moslem adalah strategi pengembangan produk dan penetrasi pasar dan pemulihan sektor non-essential atau produk fashion dapat dikolaborasikan dengan penggunaan ICT

References

Antares, R. (2020). Enam Jurus Bisnis UMKM Hadapi Covid-19. TAGAR.https://www.tagar.id/enam-jurus-bisnis-umkm-hadapi-covid19

Consulting, D. E. & F. (2020). Advice is judged by results, not intentions. Dcode economic & Financial Consulting. https://dcodeefc.com/

David, Fred R. (2017). Strategic Management Manajemen Strategi Konsep Edisi 12. Jakarta. Salemba

Fauziah, N. (2021). Indonesia dinilai punya potensi jadi pusat fashion muslim dunia.

Retrieved October, 24 2021, from https://www.okezone.com/tren/read/2021/07/12/620/2439173/indonesia-dinilai-punya-potensi-jadi-pusat-fashion-muslim-dunia

Febrinastri, F. (2021). Akibat covid-19 penjualan fesyen Indonesia Turun 70%, ini upaya kemnaker. Retrieved October, 24 2021, from https://www.suara.com/bisnis/2021/03/18/202849/akibat-covid-19-penjualan-fesyen-indonesia-turun-70-ini-upaya-kemnaker

KEMENPAREKRAF. (2021). Sub-sectors industry ekonomi kreatif. Retrieved October, 24 2021, From https://www.kemenparekraf.go.id/asset_admin/assets/uploads/media/pdf/media_1589839632_OPUS_-_Creative_Economy_Outlook_2019_(English_Version).pdf

Komalasari, T. Dwitiani (2020). Dampak pandemic covid-19, penjualan busana muslim turun hingga 90 persen. Retrieved October, 24 2021,from https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01378922/dampak-pandemi-covid-19-penjualan-busana-muslim-turun-hingga-90-persen

Myers, J., 2006. Future value systems: next generation economic growth engines & manufacturing. In: Pro- ceedings of the IMS vision forum 2006, 12–13 April. Seoul: Cheong-Moon-Gak Publishers

Rizki, (2021) in Investor.id, Halal trade forum: Produk halal dan busana muslim jadi unggulan Indonesia. Retrieved Febuary, 10 2022, from https://investor.id/business/268146/halal-trade-forumnbspproduk-halal-dan-busana-muslim-jadi-unggulan-indonesia

Statista. (2021). Most popular social networks worldwide as of October 2021, ranked by number of active users. Retrieved November, 1 2021, From https://www.statista.com/statistics/272014/global-social-networks-ranked-by-number-of-users/

Pambudi, A., A., (2021) Startegi diplomasi ekonomi Indonesia dalam menghadapi pandemic covid-19., Jurnal dinamika global

Streimikiene, D., Kacerauskas, T. (2020). The creative economy and sustainable development: The Baltic states. Wiley

Tumpal, Daniel H., Wirdania, I. (2020) You are what you wear: examining the multidimensionality of religiosity and its influence on attitudes and intention to buy muslim fashion cloting, Journal of fashion marketing and management

Downloads

Published

2023-02-10 — Updated on 2023-05-22

Versions