HUBUNGAN SUPERVISI INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP PRODUKTIVITAS MENGAJAR DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL-HIDAYAH LESTARI JAKARTA

Authors

  • Siti Komariah SMK Al-Hidayah Lestari

DOI:

https://doi.org/10.59639/asik.v1i3.39

Keywords:

supervisi, motivasi, produktivitas

Abstract

Hubungan Supervisi Instruksional Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Produktivitas Mengajar Di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Hidayah Lestari Jakarta

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Supervisi dan Motivasi Terhadap Produktivitas Pada SMK Al-Hidayah Lestari Jakarta

            Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 43 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel jenuh sehingga didapat jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 43 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel Supervisi terhadap Produktivitas pada SMK Al-Hidayah Lestari Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 6.484 > 2.021 dengan nilai probabilitas (signifikansi) = 0.000 yaitu berada di bawah 0.05. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel Motivasi terhadap Produktivitas pada SMK Al-Hidayah Lestari Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 8.771 > 2.021 dengan nilai probabilitas (signifikansi) = 0.000 yaitu berada di bawah 0.05. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel Supervisi dan Motivasi terhadap Produktivitas pada SMK Al-Hidayah Lestari Jakarta Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung>Ftabel  yaitu 51.620 > 3.23.

 

References

Farisi, S., Irnawati, J., & Fahmi, M. (2020). Pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Humaniora: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum, 4(1), 15–33.

Priansa, D. J. (2017). Pengembangan strategi dan model pembelajaran: inovatif, kreatif, dan prestatif dalam memahami peserta didik.

Purkey, S. C., & Smith, M. S. (1983). Effective schools: A review. The Elementary School Journal, 83(4), 427–452.

Rahmawati, D., & Hidayati, Y. M. (2022). Pengaruh Multimedia Berbasis Website Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2367–2375.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Sagala, S. (2017). Konsep dan makna pembelajaran: Untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar.

Siregar, P. A. S., Rahma, T. I. F., & Daulay, A. N. (2023). The Effect of Total Labor and Availability of Philanthropic Capital on Educated Unemployment in Medan City. International Journal of Economics Development Research (IJEDR), 4(3), 591–607.

Sugiyono, S. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2012). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan dan Praktik. Dokumentasi. Jakarta: Graha Pustaka.

Downloads

Published

2023-10-26