STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN RUMAH SAKIT PERMATA HATI TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.59639/asik.v2i1.55Keywords:
Kinerja Karyawan, strategi, pengembangan sumber daya manusiaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja Karyawan Rumah Sakit Permata Hati Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode kualitatif dengan teknik analisis yang digunakan yakni teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yakni kredibilitas, triangulasi dan dependability. Sampel yang digunakan sebanyak 122 orang atau seluruh populasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Sistem perencanaan ketenagakerjaan menunjukkan belum adanya program perencanaan yang baku dan terorganisir sehingga pemenuhan tenaga kerja eksisting masih bersifat situasional dan kebutuhan perawat harian yang belum sesuai dengan beban kerja; 2) Sistem Informasi Sumber Daya Manusia masih terbatas pada fungsi Manajemen Data karyawan, sehingga fungsi lain belum masuk ke dalam Sistem Informasi Sumber Daya Manusia; 3) Sistem Rekrutmen Sumber Daya Manusia sudah dijalankan sesuai Standar Opersional Prosedur Rekrutmen; 4) Sistem Orientasi dan penempatan sumber daya manusia di rumah sakit permata hati dari hasil wawancara didapat informasi bahwa sistem orientasi dan penempatan di rumah sakit permata hati dilaksanakan dengan acuan kepada Standar Operasional Prosedur yang sudah di sahkan oleh direktur; 5) Kegiatan Sistem evaluasi dilakukan oleh tim internal yang telah terjadwal, namun belum tertata secara baik. Saran peneemiliki sistem perencanaan Sumber Daya Manusia yang terorganisir berdasarkan kebutuhan masing-masing unit (adanya Renstra), memiliki aturan jobdesk yang jelas pada tiap tiap unit pelaksana tugas serta memiliki program perencanaaan kebutuhan pegawai yang baku agar permintaan tidak bersifat situasional.
References
Bougie, R., & Sekaran, U. (2019). Research methods for business: A skill building approach. John Wiley & Sons.
Hamali, A. Y. (2016). Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi Mengelola Karyawan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Jackson, S. E. (2013). Behavioral perspective of strategic human resource management. Encyclopedia of Management Theory, 1(1), 66–72.
Jogiyanto Hartono, M. (2019). Strategi Penelitian Bisnis. Penerbit Andi.
Kreitner, R. (n.d.). dan Kinicki, A.(2000). Organizational Behavior.
Nawawi, H. (2001). Manajemen sumber daya manusia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ramdhan, M. (n.d.). Perencanaan dan Pengembangan SDM.
Ramdhan, M. (2022). Manajemen Kinerja. CV. Mitra Cendekia Media.
Ramdhan, M., & Pasaribu, V. L. D. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pascal Books.
Sudarmanto, K. (2014). Pengembangan Kompetensi SDM: Teori. Dimensi Pengukuran, Dan Implementasi Dalam Organisasi.
Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28, 1–12.
Sull, D., Turconi, S., Sull, C., & Yoder, D. (2018). Four logics of corporate strategy. MIT Sloan Management Review.
Suparyadi, H. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Menciptakan Keunggulan Bersaing Berbasis Kompetensi SDM. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Suwatno, H. (2011). dan Donni Juni Priansa. Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Publik Dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ade Mukhtar Agustia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.