PENGARUH MOTIVASI, GAYA KEPEMIMPINAN, DAN SISTEM REMUNERASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DISASTER MANAGEMENT CENTER (DMC) DOMPET DHUAFA JAKARTA

Authors

  • Novia Astri Dompet Dhuafa

DOI:

https://doi.org/10.59639/asik.v2i1.57

Keywords:

gaya kepemimpinan, remunerasi, kinerja, Motivasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi, gaya kepemimpinan, dan sistem remunerasi terhadap kinerja karyawan pada Disaster Management Centre (DMC) Dompet Dhuafa Jakarta.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 44 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel jenuh sehingga didapat jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel motivasi terhadap kinerja karyawan Disaster Magement Center (DMC) Dompet Dhuafa Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 5.695> 2.021 dengan nilai probabilitas (signifikansi) = 0.000 yaitu berada di bawah 0.05. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan Disaster Magement Center (DMC) Dompet Dhuafa Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 4.915 > 2.021 dengan nilai probabilitas (signifikansi) = 0.000 yaitu berada di bawah 0.05. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel sistem remunerasi terhadap kinerja karyawan Disaster Magement Center (DMC) Dompet Dhuafa Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel yaitu 13.791 > 2.021 dengan nilai probabilitas (signifikansi) = 0.000 yaitu berada di bawah 0.05. (4) Terdapat pengaruh simultan yang positif dan signifikan variabel motivasi dan Gaya Kepemimpinanterhadap kinerja karyawan Disaster Magement Center (DMC) Dompet Dhuafa Jakarta. Hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung>Ftabel  yaitu 69.049> 3.24.

References

Afandi, P. (2018). Manajemen sumber daya manusia (Teori, konsep dan indikator). Riau: Zanafa Publishing, 3.

Hasibuan, M. S. P., & Rahayu, E. (2014). Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah Edisi Revisi.

Istijanto, M. M. (2013). Riset sumber daya manusia. Gramedia Pustaka Utama.

Kartono, K. (2011). Pemimpin dan kepemimpinan, Jakarta: PT. Rajawaligrafindo Persada.

Kasmir, K. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Jakarta: Rajawali Pers, 72.

Mangkunegara, A. A. A. P. (2011). Manajemen sumber daya manusia perusahaan.

Marwansyah, M. (2000). Manajemen sumber daya manusia. Edisi II, Politeknik Negeri Bandung.

Notoatmodjo, S. (2005). Metodologi penelitian kesehatan.

Purwanto, M. N. (2019). Administrasi dan supervisi pendidikan.

Rivai, V. (2013). Kepemimpinan dan perilaku organisasi.

Slavin, R. E. (2015). Cooperative learning in elementary schools. Education 3-13, 43(1), 5–14.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225, 87.

Supardo, W. (2006). Kepemimpinan dan perilaku organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syaodih, N. (2009). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Thoha, M., & Hayati, Y. S. (2020). Analisis Pembinaan Organisasi.

Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Wibowo, W., & Phil, M. (2007). Manajemen kinerja. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Winkel, W. S. (1996). Psikologi pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Downloads

Published

2024-03-01