PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DAN PROFESIONALISME GURU PENGAJAR TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MEGUMI CENTER INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.59639/asik.v1i3.7Keywords:
Blended Learning, Profesionalisme, Minat BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Blended Learning dan Profesionalisme Guru Pengajar Terhadap Minat Belajar Siswa di Megumi Center Indonesia.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 81 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel jenuh sehingga didapat jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 81 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel sistem pembelajara Blended Learning Terhadap Minat Belajar Siswa di Megumi Center Indonesia dengan nilai thitung> ttabel, yaitu 8.345 > 1.991 dan nilai signifikansi = 0.000 yaitu berada di bawah 0.05. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel Profesionalisme Guru Pengajar Terhadap Minat Belajar Siswa di Megumi Center Indonesia dengan nilai thitung>ttabel, yaitu 12.736 > 1.990 dan nilai signifikansi = 0.000 yaitu berada di bawah 0.05. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel sistem pembelajaran Blended Learning dan Profesionalisme Guru Pengajar secara bersama-sama Terhadap Minat Belajar Siswa Di Megumi Center Indonesia dengan nilai Fhitung > nilai Ftabel yaitu 98.849 > 3.11 dan nilai signifikansi = 0.000 yaitu berada di bawah 0.05
References
Abdullah, W. (2018). Model blended learning dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(1), 855–866.
Budiman, T. (2017). Analisis swot pada usaha kecil dan menengah (studi kasus pada percetakan paradise sekampung).
Khatib), R. (Tuanku, & Nizar, S. (2009). Filsafat pendidikan Islam: telaah sistem pendidikan dan pemikiran para tokohnya. Kalam Mulia.
Peoples, C., & Vaughan-Williams, N. (2020). Critical security studies: An introduction. Routledge.
Pohan, A. M., Asmin, A., & Menanti, A. (2020). The effect of problem based learning and learning motivation of Mathematical problem solving skills of class 5 students at SDN 0407 Mondang. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 531–539.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Sugiyono, S. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.
Suharsimi, A. (2012). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan dan Praktik. Dokumentasi. Jakarta: Graha Pustaka.
Tilaar, H. A. R. (2009). Kekuasaan dan pendidikan: Manajemen pendidikan nasional dalam pusaran kekuasaan. Rineka Cipta.
Wijoyo, H., Junita, A., Sunarsi, D., Setyawati Kristianti, L., Santamoko, R., Leo Handoko, A., Yonata, H., Haudi, H., Widiyanti, W., & Ariyanto, A. (2020). Blended learning suatu panduan. PENERBIT INSAN CENDEKIA MANDIRI.
Yunitasari, E., Pringgayuda, F., & Agustanti, D. (2021). Hubungan Dukungan Suami Dengan Motivasi Ibu Dalam Memberikan ASI Eksklusif di Pekon Tegalsari Wilayah Kerja Puskesmas Gadingrejo Kabupaten Pringsewu Lampung. Journal of Current Health Sciences, 1(1), 1–6.
Safari, (2003), Indikator Minat Belajar. Jakarta : Rinneka Cipta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Haryono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.