Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Pelatihan Keguruan Terhadap Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar Islam Cendekia
DOI:
https://doi.org/10.59639/asik.v1i1.11Keywords:
latar belakang pendidikan, pelatihan keguruan, kompetensi profesional guruAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan dan pelatihan keguruan terhadap kompetensi profesional Guru Sekolah Dasar Islam Sinar Cendekia. Dalam penelitian ini, teknik penentuan sampel menggunakan sampel jenuh, yang berjumlah 47 responden. Teknik analisa data yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas, Koefesien Korelasi, Koefisien Determinasi, Regresi Linear Berganda, Uji signifikan parsial (uji t) serta uji signifikan simultan (uji F). Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan dan pelatihan keguruan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi profesional guru dengan kontribusi pengaruh sebesar 52% sedangkan sisanya sebesar 48% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil uji hipotesis menunjukan nilai Fhitung sebesar yaitu 23.866 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,21 dengan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan secara simultan latar belakang pendidikan dan pelatihan keguruan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi profesional guru
References
Danim, S. (2016). Inovasi pendidikan: dalam upaya peningkatan profesionalisme tenaga kependidikan. Bandung: Pustaka setia.
Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/jkkp.051.02.
Gutara, M. Y., Pogo, T., & Saluy, A. B. (2021). Pengaruh Pelatihan, Motivasi Kerja, Dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru. Indikator: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(2), 73–81. https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/indikator/article/view/10016/5046%0Ahttps://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/indikator/article/view/10016
Hamalik, O. (2007). Manajemen pengembangan kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe assure dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(6), 1139–1148. file:///D:/BACKUP DATA C/Downloads/214-Article Text-587-1-10-20201024.pdf
Kurniatama, R. P., & Waryanto, H. (2022). Pengaruh Pelatihan Kerja terhadap Karyawan pada PT Surya Pratama Service di Jakarta. Jurnal Pemasaran, Keuangan, Dan Sumber Daya Manusia (PERKUSI), 2(2), 281–286. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JIPER/article/view/19613
Putra, B. A. M., & Kumalaputra, I. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Pelatihan Terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran. Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 12(1), 55–72.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=Ntw_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=related:Zo2g1hJ1_9wJ:scholar.google.com/&ots=f2sM6OMtct&sig=ltHlmswQKxYFgxRqSHyQWY3Z3ss&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Sopandi, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Kepribadian Terhadap Kinerja Guru. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.5281/zenodo.2628070
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.
Syaodih Sukmadinata, N. (2007). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 169–170.
Triasmoko, D., Mukzam, M. D., & Nurtjahjono, G. E. (2014). Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Penelitian pada Karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Kediri). Brawijaya University.
Wirawan, W. (2010). Evaluasi kinerja sumber daya manusia. Jakarta: Salemba Empat