PENGARUH REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI BENDA BARU III

Authors

  • Ummi Kultsum BAIK Institute

DOI:

https://doi.org/10.59639/asik.v1i3.40

Keywords:

reward, punishment, motivasi belajar, matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Reward dan Punisment Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Benda Baru III.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 66 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel jenuh sehingga didapat jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 66 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel Reward Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Benda Baru III dengan nilai thitung> ttabel, yaitu 5.628 > 1.998 dan nilai signifikansi = 0.000 yaitu berada di bawah 0.05. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel Punishment Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Benda Baru III dengan nilai thitung>ttabel, yaitu 8.511 > 1.998 dan nilai signifikansi = 0.000 yaitu berada di bawah 0.05. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan variabel Reward dan Punishment secara bersama-sama Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Benda Baru III dengan nilai Fhitung > nilai Ftabel yaitu 36.275 > 3.14 dan nilai signifikansi = 0.000 yaitu berada di bawah 0.05

References

Asmawati, E., & Bintang Kejora, M. T. (2020). The effect of using simple aircraft concrete media on the mastery of concepts in inquiry science learning in elementary school students. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 12(2), 150–168.

Fitri, Y. R., & Ain, S. Q. (2022). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4 (1), 291–308.

Husnidar, N., Murniati, M., & Niswanto, N. (2023). Management of Educational Facilities and Infrastructure to Support Center Model Learning for Kindergarten Teachers It Baitusshalihin Banda Aceh, Indonesia. Path of Science, 9(2–3), 2001–2006.

Oktapiani, M., Rahmawati, Y., & Choli, I. (2019). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, 2(1), 39–48.

Purwoko, R. Y., Astuti, E. P., Arti, M. S., & Widiyono, Y. (2019). Batik nusantara pattern in design of mathematical learning model for elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1254(1), 12001.

Puspitasari, S., Hayati, K. N., & Purwaningsih, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Basicedu, 6(1), 1252–1262.

Ramdhan, M. (2019). Effect of Motivation and Work Experience on Employee Performance at PT . Perkasa Sakti in Cimone. 7(2), 139–148.

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Rinjani, C. (2021). Reward And Punishment Methods In Islamic Education Perspective Of Bukhari And Muslim Hadith. 4(2), 185–204.

Sadulloh, U. (2010). Pedagogik Science of Educating. Bandung: Alfabeta.

Sarmini, S., Mustika, I., Putri, A., Maria, C., & Syahrias, L. (2023). Sosialisasi Media Pembelajaran Daring Di Era Pandemi Covid–19 Sebagai Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar Pada SMP Islam Nabilah Batam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.2), 1489–1493.

Subakti, H., Prasetya, K. H., Widya, U., Mahakam, G., Balikpapan, U., & Belajar, M. (n.d.). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa. 3(2), 106–117.

Sugiyono, S. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2012). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan dan Praktik Dokumentasi. Jakarta: Graha Pustaka.

Uno, H. B. (2023). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bandung: Bumi Aksara.

Wibowo, A., & Subhan, A. Z. (2020). Strategi kepala Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 3(2), 108–116.

Downloads

Published

2023-10-26

Most read articles by the same author(s)