PENGARUH SPONSORSHIP DAN MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM) TERHADAP BRAND AWARENESS PADA TRY OUT ONLINE NASIONAL UTBK SNBT 2023
DOI:
https://doi.org/10.59639/asik.v1i2.30Keywords:
Sponsorship, Media Sosial, Brand AwarenessAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh sponsorship dan media sosial (Instagram) terhadap brand awareness pada try out online nasional UTBK SNBT 2023. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan melakukan untuk pengumpulan data melalui kuesioner kepada peserta try out online nasional. Sampel penelitian sejumlah 40 responden. Analisis regresi linear menunjukkan pengaruh signifikan dari sponsorship dan media sosial terhadap brand awareness dalam acara try out online nasional. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya strategi sponsorship yang efektif dan penggunaan media sosial yang tepat dalam memperkuat kesadaran merek dan partisipasi peserta.
References
Agustinus, A., & Junaidi, A. (2020). Pengaruh Sosial Media (Instagram) dalam Meningkatkan Brand Awareness Kopi Kenangan.
Andriani, S. (2017). Uji Park Dan Uji Breusch Pagan Godfrey Dalam Pendeteksian Heteroskedastisitas Pada Analisis Regresi. Al-Jabar:JurnalPendidikan Matematika, 8, 63–72.
Ariyanto, A., Bangun, R., Rifqi, M., Indillah, M., Ferlina, A., Trenggana, M., Sholihah, R., Ariyanti, M., Widiati, E., Irawan, P., Ratih, S. D., Suryanti Ismail, R., Putra, S., Mulia Utama, A., Syahputra, J., & Budiman, B. (2023). MANAJEMEN PEMASARAN. www.freepik.com
Belch, G., & Belch, M. (2021). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective. Mc Graw Hill, 1–13.
Fauzi, A. R., Nurfebiaraning, S., Sos, S., & Si, M. (2020). PENGARUH SPONSORHIP TERHADAP PENINGKATAN BRAND AWARENESS (STUDI PADA ELEVENIA SEBAGAI SPONSOR PERSIB BANDUNG) The Effect of Sponsorhip on Improvement of Brand Awareness (Study in Elevenia as a Sponsor of Persib Bandung). 7(Desember), 7488.
Fauzi, V. P. (2016). PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI SOCIAL MEDIA MARKETING ER-CORNER BOUTIQUE DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS DI KOTA PEKANBARU. In JOM FISIP (Vol. 3, Issue 1). http://www.beritateknologi.com,
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan Ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 96.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19 (5th ed.). Badan Penerbit Diponegoro.
Ginardi, A. (2020). PENGARUH SPONSORSHIP, MEDIA SOSIAL ONLINE, DAN CELEBRITY ENDORSEMENT TERHADAP BRAND AWARENESS PRODUK AKSESORIS GAMING MEREK SADES. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 628–632.
Halimatu Salamah, N., Triwardhani, D., & Nastiti, H. (n.d.). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP BRAND AWARENESS PADA E-COMMERCE HIJUP (Vol. 2).
Hatta, H., & Muhammad, A. (2018). Efektivitas SponsorshipDalam Meningkatkan Brand AwarenessPT. Sentra Timur Residence di Universitas Bakrie (Studi Kasus: Event Maroon Festival 2017). In Management, and Industry (JEMI) (Vol. 1, Issue 2).
Herlambang, S., Maelana, W. D., Wibowo, P. E., & Prafika, J. (2022). PENINGKATAN KESADARAN MEREK DAN CITRA MEREK UNTUK PRODUK RUMAHAN DALAM RANGKA PENINGKATAN DAYA SAING DI UMKM WILAYAH KOTA YOGYAKARTA. http://jurnal.amayogyakarta.ac.id/index.php/HIKMAYO
Karo Karo, P., & Firstyana, A. S. (2021). Pengaruh Sponsorship Pada Event Bingen Fest Terhadap Brand Awareness Authenticity Class Mild. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 141–154. https://doi.org/10.30656/lontar.v9i2.3245
Kolter, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. 1–812.
Leviana, T. (2019). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP WILLINGNESS TO PAY PREMIUM PRICE MELALUI BRAND EQUITY PADA KONSUMEN ESTEE LAUDER (Vol. 7, Issue 1).
Manafe, L. A., & Ardeana, Y. (2022). Strategy to Increase Brand Awareness Through Public Relations Activities with PENCILS Analysis Method. International Journal Of Education, Social Studies, And Management (IJESSM), 2(3), 76–91. https://doi.org/10.52121/ijessm.v2i3.126
Maulani, L. S. (2019). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETINGTERHADAP BRAND AWARENESSSERTA DAMPAKNYA PADA PURCHASE DECISION(Survei Onlinepada FollowersAktif Instagram dan FacebookVauza Tamma Hijab). Brawijaya Knowledge Garden.
Mey Rahayu, R. (2017). MEMBANGUN BRAND AWARENESS PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH.
Muntinga, D. G., Moorman, M., & Smit, E. G. (2011). Introducing COBRAs. International Journal of Advertising, 30(1), 13–46. https://doi.org/10.2501/ija-30-1-013-046
Murdana1, Y. T., Suryawardani, B., D3, P., Pemasaran, M., & Terapan, I. (2019). PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING MELALUI INSTAGRAM TERHADAP BRAND AWARENESS PADA PT.DEALPRO INDONESIA BANDUNG 2019 THE INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA MARKETING THROUGH INSTAGRAM TOWARDS BRAND AWARENESS AT PT.DEALPRO INDONESIA BANDUNG 2019.
Nur Alinda, D., Hambalah, F., Studi Administrasi Bisnis, P., & Hang Tuah, U. (2022). Pengaruh Sponsorship dan Brand Ambassador terhadap Purchase Intention dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening: Shopee sebagai Sponsor Utama Liga 1 Indonesia dan Cristiano Ronaldo sebagai Brand Ambassador. 1(2). https://doi.org/10.30649/jab.v1i2.108
Purnomo, M. A., Lutfie, S. H. E., D3, P., Pemasaran, M., & Terapan, I. (2019). PENGARUH PEMASARAN MEDIA SOSIAL TERHADAP BRAND AWARENESS SV. INDOLECTURE PRAMADANA KREASI TAHUN 2019. E-Proceeding of Applied Science, 784–782.
Risa, F., & Lutfie, H. (n.d.). PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN SALES KIT TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI NEXA HOTEL BANDUNG PADA TAHUN 2017 THE INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA AND SALES KIT TO CONSUMER BUYING INTEREST AT NEXA HOTEL BANDUNG IN 2017.
Rizky, N., & Setiawati, S. D. (2020). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM HALOA CAFE SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2). http://jurnalfdk.uinsby.ac.id/index.php/JIK
Salma, A. N. (2017). PENGARUH SPONSORSHIP DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS (Studi pada Sponsorship Garuda Indonesia Terhadap Liverpool FC sebagai Global OfÀcial Airline Partner) Aqida Nuril Salma.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.; 2nd ed.). Bandung: Alfabeta.
Tritama, H. B., & Tarigan, R. E. (2016). THE EFFECT OF SOCIAL MEDIA TO THE BRAND AWARENESS OF A PRODUCT OF A COMPANY. In International Journal of Communication & Information Technology (CommIT) (Vol. 10, Issue 1).
Vitadiani, R., Mudiantono, D. H., & Manajemen, J. (2016). ANALISIS PENGARUH SPONSORSHIP, PENGALAMAN KONSUMEN, DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DENGAN KESADARAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada konsumen ekspatriat penerbangan domestik Garuda Indonesia). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 5, 1–10. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/management
Widyawati, A., & Hidayat, R. (2018). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING MELALUI YOUTUBE TERHADAP TINGKAT BRAND AWARENESS PADA GENERASI Z (STUDI KASUS PADA RADIO PLAY99ERS 100 FM BANDUNG) INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA MARKETING THROUGH YOUTUBE AGAINST BRAND AWARENESS LEVEL IN GENERATION Z (CASE STUDY ON RADIO PLAY99ERS 100 FM BANDUNG). www.apjii.or.id
Wijaya, K., & Hesinto, S. (2019). APLIKASI SOAL TRY OUT UJIAN NASIONAL SMK NEGERI 1 SEMENDE DARAT LAUT MENGGUNAKAN METODE RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD). In Khana Wijaya dan Sebri Prabumulih Jurnal Ilmiah Betrik (Vol. 10, Issue 01).
Wulandari, A., & US Anwar, K. (2021). Analisis Manajemen Pemasaran Pada Aplikasi Shopee Dan Tokopedia. Transekonomika – Akuntansi Bisnis Dan Keuangan, No.3.
ZA Zainurossalamia, S. (2020). MANAJEMEN PEMASARAN Teori dan Strategi.
Zafar, A. U., Shen, J., Shahzad, M., & Islam, T. (2021). Relation of impulsive urges and sustainable purchase decisions in the personalized environment of social media. Sustainable Production and Consumption, 25, 591–603. https://doi.org/10.1016/J.SPC.2020.11.020
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fitra Rizka Yusianti, Leonard Adrie Manafe

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.